Pdf metabolisme karbohidrat

Asam amino glukogenik masuk ke dalam jalur glukoneogenesis ditandai dengan bundaran dan panah pada siklus asam tri karboksilat TCA cycle.

Metabolisme Karbohidrat – Pengertian dan Macam Macamnya

Namun, hewan, termasuk pdf metabolisme karbohidrat, tidak memiliki mesin enzimatik yang diperlukan dan jadi jangan mensintesis glukosa dari lipid, meskipun gliserol dapat dikonversi menjadi glukosa.

Jalur ini dinamakan glukoneogenesis pembentukan glukosa baru karena dianggap lipid dan protein harus diubah menjadi glukosa baru yang selanjutnya mengalami katabolisme untuk memperoleh energi.

Fruktosa 6-fosfat diubah menjadi Fruktosa 1,6-bifosfat pdf metabolisme karbohidrat bantuan enzim fosfofruktokinase. Enzim gliserokinase mengkatalisis reaksi: Tiga molekul NADH, menghasilkan: Selulosa juga merupakan polimer glukosa tetapi tidak dapat dicerna oleh sebagian besar organisme.

Mungkin sebelum dibebaskan digabung dulu dengan molekul glikogen, baru kemudian dipecah enzim fosforilase. Senyawa kemudian bersatu dengan koenzim A menjadi asetil koenzim A. D-xylulose merupakan bagian dari HMP Shunt. Ko-A mengandung vitamin asam pantotenat.

Proses pencernaan karbohidrat terjadi dengan menguraikan polisakarida menjadi monosakarida. Hal ini memungkinkan molekul-molekul yang berbeda untuk masuk ke jalur fosfat pentosa di area-area yang berbeda pada fase non-oksidatif dan bisa ditransformasikan sampai molekul pertama dari fase non-oksidatif ribulosefosfat.

Kondensasi awal asetil KoA dengan oksaloasetat membentuk sitrat, dikatalisir oleh enzim sitrat sintase menyebabkan sintesis ikatan karbon ke karbon di antara atom karbon metil pada asetil KoA dengan atom karbon karbonil pada oksaloasetat.

Glukosa dalam darah sebagian diubah menjadi glikogen. Contoh dari disakarida ini adalah sukrosa gula dapur yang terbuat dari satu unit fruktosa dan satu unit glukosa.

Sel-sel otot, bagaimanapun, tidak memiliki kemampuan untuk mengekspor glukosa ke dalam darah. Melalui beberapa tahap. Apabila kadar galaktitol ini tertimbun dalam lesa mata maka akan mempercepat terjadinya katarak. Reaksi ini melibatkan dehidrasi serta pendistribusian kembali energi di dalam molekul, menaikkan valensi fosfat dari posisi 2 ke status berenergi tinggi.

Akhirnya oksalasetat dikarboksilasi dengan CO 2 dan difosforilasi dengan gugus fosfat dari GTP guanosin trifosfat, sebagai sumber energi yang khas disamping ATP dan dikatalis oleh fosfoenolpiruvat karboksikinase menghasilkan fosfoenolpiruvat. Glikogen ini disimpan di hati dan otot sebagai cadangan energi jangka pendek.

Asetil ko-A kemudian menjadi substrat dari Siklus Krebs, yang selanjutnya oleh siklus krebs ini diteruskan menjadi rantai respirasi dan fosforilasi oksidatif. Karbohidrat biasanya disimpan dalam molekul glukosa polimer panjang atau sebagai penyimpanan energi.

Hubungan Metabolisme Karbohidrat Lemak Dan Protein Pdf

Karena pengaruh berbagai faktor dan hormon insulinyang dihasilkan oleh kelenjar pankreas, maka hati dapat mengatur kadar glukosa dalam darah. Kenaikan proses pencernaan dan penyerapan karbohidrat menyebabkan glukosa dalam darah meningkat, sehingga sintesis glikogen dari glukosa oleh hati akan naik.

Satu molekul FADH2, menghasilkan: Ketika hadir, menyebabkan sel-sel jaringan banyak untuk mengambil glukosa dari peredaran, menyebabkan beberapa sel untuk menyimpan glukosa internal dalam bentuk glikogen, menyebabkan beberapa sel untuk mengambil dan memegang lipid, dan dalam banyak kasus kontrol saldo elektrolit seluler dan asam amino serapan juga.

metabolisme karbohidrat

Pada manusia, guinea pig dan sapi PEP karboksikinase terdapat di dalam dan di luar mitokhondria. Didalam mammae, glukosa diperlukan untuk membuat laktosa. Dengan adanya oksigen dalam suasana aerobglikolisis menghasilkan piruvat, atau tanpa oksigen glikolisis anaerob menghasilkan laktat.

This WordPress. Kadar glukosa yang tinggi merangsang pembentukan glikogen dari glukosa, sintesis asam lemak dan kolesterol dari glukosa. The glukagon hormon, di sisi lain, memiliki efek berlawanan dengan insulin, memaksa konversi glikogen dalam sel hati menjadi glukosa, yang kemudian dilepaskan ke dalam darah.

These organisms can use hydrogen[45] reduced sulfur compounds such as sulfidehydrogen sulfide and thiosulfate[1] ferrous iron FeII [46] or ammonia [47] as sources of reducing power and they gain energy from the oxidation of these compounds with electron acceptors such as oxygen or nitrite.

Enzim gliserol 3-fosfat dehidrogenase mengkatalisis reaksi: Senyawa sisa yang dihasilkan adalah 3-fosfogliserat.

Oxidative phosphorylationChemiosmosisand Mitochondrion In oxidative phosphorylation, the electrons removed from organic molecules in areas such as the protagon acid cycle are transferred to oxygen and the energy released is used to make ATP.

Glukosa masuk lintasan glikolisis melalui fosforilasi menjadi glukosa-6 fosfat dengan dikatalisir oleh enzim heksokinase atau glukokinase pada sel parenkim hati dan sel Pulau Langerhans pancreas. Pembagian Metabolisme Karbohidrat Metabolisme karbohidrat terdiri dari: Anabolism involves three basic stages.

These potentially damaging compounds are called xenobiotics.

Metabolisme karbohidrat

Glikogenesis Glikogenesis adalah poses pembentukan glikogen dari glukosa.Karbohidrat adalah senyawa yang tersusun atas unsur-unsur C, H, dan O. Karbohidrat setelah dicerna di usus, akan diserap oleh dinding usus halus dalam bentuk monosakarida.

Jurnal Doc : metabolisme karbohidrat

Monosakarida dibawa oleh aliran darah sebagian besar menuju hati, dan sebagian lainnya dibawa ke sel jaringan tertentu, dan mengalami proses metabolisme lebih fauguet-cousinard.com: Cinta Biologi. •Kemampuan ikan untuk memanfaatkan karbohidrat tergantung pada kemampuannya menghasilkan enzim amilase sebagai pemecah karbohidrat.

•Pada proses pencernaan makanan, karbohidrat mengalami proses hidrolisis, baik dalam mulut, lambung, maupun usus. •Hasil akhir metabolisme karbohidrat adalah glukosa. Metabolisme Karbohidrat Oleh: dr dini Karbohidrat • Penting utk makhluk hidup sbg bahan nutrisi utama & sbg struktur dasar MH.

Tjd selama OR, jk metabolisme aerob di otot tidak bisa memenuhi kebutuhan energi.

Jurnal Doc Pdf : jurnal metabolisme karbohidrat biokimia

Glukosa yg dibentuk di hati akan dibawa ke otot mll darah. E. Keterkaitan Metabolisme Karbohidrat, Lemak, dan Protein Proses metabolisme karbohidrat, protein dan lemak daalam sel tubuh manusia, satu sama lain saling terkait. Ketiga proses metabolsime tersebut akan melewati senyawa asetil CO-A, sebagai senyawa.

jurnal metabolisme karbohidrat pdf issn yang bisa bapak/ibu gunakan dan diunduh secara gratis dengan menekan tombol download biru dibawah ini. Kumpulan Artikel Jurnal Manajemen Pemasaran Issn. metabolisme Mendeskripsikan proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat Menjelaskan keterkaitan antara proses metabolisme karbohidrat dengan metabolisme lemak dan protein Tujuan Pembelajaran: Setelah melaksanakan proses pembelajaran, siswa .

Pdf metabolisme karbohidrat
Rated 5/5 based on 78 review